Beasiswa BOP dan BP

21 Maret 2010 pukul 1:18 pm | Ditulis dalam sebar isu | 8 Komentar

Beasiswa BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) dan BP (Bantuan Pendidikan) merupakan salah satu beasiswa yang ada di UGM dan diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi. Beasiswa BOP maupun BP akan membayarkan beban sks yang diambil oleh penerimanya setiap semester,  sehingga penerima beasiswa BOP dan BP ini otomatis telah melunasi pembayaran sks setiap semesternya. Beasiswa BOP dan BP ini merupakan program pemerintah dan setiap PTN yang ada untuk meningkatkan kulaitas pendidikan di Indonesia, karena dari beasiswa ini diharapkan tidak ada lagi mahasiswa khususnya mahasiswa PTN  putus kuliah karena kurangnya biaya.

Niat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan agar pendidikan perguruan tinggi dapat diterima oleh semua kalangang baik yang tidak mampu ataupun yang mampu memang perlu dicungi jempol. Tapi dalam pelaksanaannya masih banyak sudut yang harus dikritisi.

BOP dan BP dalam pelaksanaanya tidak selalu sampai pada tujuannya. Maksud dari tujuan ini adalah sampai pada mahasiswa yang benar-benar membutuhkan atau memang tidak mampu dalam segi ekonomi. Pada hakikatnya mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa BOP dan BP akan dimintai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan tempat tinggal, hal ini merupakan  salah satu poin penilaian dalam penyeleksian beasiawa ini dan masih ada beberapa poin penilaian lainnya seperti penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, dll. Namun anehnya, masih terdapat mahasiswa yang secara ekonomi mampu, mengajukan BOP dan bahkan mendapatkan BOP tersebut atau mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu dan mengajukan BOP malah tidak mendapatkannya. Di sini terdapat kejanggalan dan hal-hal inilah yang harus dikritisi oleh mahasiswa. Mahasiswa sebagai  director of change harus mampu mengawal penyaluran beasiswa yang menjadi hak mahasiswa itu sendiri dapat berjalan dengan fair dan jujur.

Keterlibatan lembaga mahasiswa dalam penyaluran BOP dan BP ini sangat diperlukan, karena lembaga mahasiswa adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengaspirasi hak-haknya sebagai mahasiswa dan warga negara. Sebagaimana yang termaktub dalam Pasal 31 ayat 1 UUD 45 bahwa pendidikan adalah hak seluruh rakyat Indonesia, baik yang kaya ataupun yang miskin sama-sama punya hak untuk pendidikan dan ini dijamin oleh negara. Di UGM sendiri sebagian besar lembaga mahasiswa yang ada pada setiap fakultas baik BEM/LEM/LM/DEMA/HMJ memang telah melakukan pengawalan terhadap beasiswa ini. Pengawalan ini adalah berupa rancangan peringkat yang berdasarkan prioritas paling membutuhkan terhadap beasiswa ini. Rancangan ini nantinya akan diberikan ke pihak kampus yang harapannya menjadi pertimbangan pihak kampus dalam menentukan siapa saja yang akan memerima beasiswa ini.

Keterlibatan lembaga mahasiswa dalam proses pemberian beasiswa ini sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah kejanggalan-kejanggalan yaitu masih terdapat mahasiswa yang secara ekonomi mampu, mengajukan BOP dan bahkan mendapatkan BOP tersebut atau mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu dan mengajukan BOP malah tidak mendapatkannya. Syarat yang yang menjadi penilaian bagi pihak kampus sejatinya tidak begitu mencerminkan keadaan ekonomi seseorang karena hal-hal tersebut  bersifat umum. Memang pihak kampus telah meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai salah satu syarat untuk pengajuan BOP dan BP ini, tetapi ternyata SKTM bisa dibuat tanpa pengecekan yang baik terhadap keadaan ekonomi seseorang, sehingga bisa dikatakan bahwa SKTM yang menjadi salah satu syarat pengajuan BOP dan BP belum mencerminkan keadaan ekonomi seseorang. Diperlukan penilaian yang lebih mendalam dan komprehensif dalam hal beasiswa ini serta kesadaran mahasiswa itu sendiri bahwa beasiswa ini ditujukan hanya untuk mahasiswa yang kurang mampu.

Departemen Advokasi dan Propaganda BEM KMFT sendiri telah melakukan verifikasi terhadap pemohon beasiswa BOP dan BP sejak tahun 2005, begitu juga dengan lembaga kemahasiswaan fakultas lainnya baik BEM/LEM/LM/DEMA/HMJ di UGM. Verifikasi yang dilakukan adalah mulai dari pengumpulan berkas pemohon hingga melakukan investigasi terhadap mahasiswa pemohon BOP dan BP tersebut. Proses verifikasi ini akan mengahasilkan prioritas mahasiswa yang paling membutuhkan beasiswa ini dan akan diserahkan ke pihak kampus sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan mahasiswa mana yang akan mendapatkan beasiawa BOP dan BP. Keputusan akhir memang berada di pihak kampus namun hasil verifikasi yang dilakukan oleh lembaga kemahasiswaan ini merupakan proses yang lebih mendalam dan komprehensif karena lebih banyak faktor penilainya.

Mekanisme verifikasi yang dilakukan oleh Departemen Advokasi dan Propaganda BEM KMFT bisa dikatakan lebih mendalam karena faktor penilainya mampu memperlihatkan keadaan ekonomi para pemohon sebenarnya dan cukup akurat. Selain penilaian yang diajukan oleh pihak kampus ditambah dengan penilaian yang lain seperti harga kos, uang saku per bulan, fasilitas yang dimiliki, tagihan listrik, sumber dana lain dan bahkan jalur masuk UGM serta besar SPMA nya. Dengan faktor penilai yang lebih banyak diharapkan mampu memeberikan gambaran apakah mahasiswa pemohon berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Mekanisme ini pun bisa dikatakan komprehensi karena dilakukannya wawancara dengan melibtakan HMJ-HJM yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebohongan-kebohongan yang bisa saja dilakukan oleh mahasiswa pemohon BOP dan BP, serta dalam proses perangkingannya HMJ-HMJ pun dilibatkan. Keterlibatan setiap elemen mahasiswa khususnya HMJ dalam proses verifikasi sangat penting, karena masing-masing HMJ akan menyelidiki apakah data-data atau informasi ekonomi yang diberikan oleh pemohon adalah benar. Misalnya pemohon pada saat wawancara mengatakan bahwa fasilitas yang dimiliki hanya fasilitas yang biasa-biasa saja, tetapi  sebelum  proses perangkingan pihak HMJ akan menyelidiki apakah benar mahasiswa tersebut memang mempunyai fasilitas yang biasa-biasa saja, dan apabila ternyata fasilatas yang dimliki oleh pemohon tersebut adalah mewah maka akan mengurangi poin penilaian untuk mendapatkan beasiswa ini. Jadi dengan ini tindak kebohongan yang dilakukan oleh mahasiswa yang tidak bertanggung jawab bisa ditekan dan kesempatan bagi yang benar-benar membutuhkan bisa lebih terjamin.

Beasiswa BOP dan BP ini merupakan salah satu beasiswa yang vital bagi mahasiswa yang membutuhkan oleh karena itu perlu kerja sama antara pihak kampus, lembaga kemahasiswaan dan mahasiswa itu sendiri agar beasiswa ini dapat ditujukan bagi yang benar-benar berhak. Diperlukan juga kesadaran setiap mahasiswa khususnya mahasiswa yang mampu dari segi ekonomi bahwa kelangsungan pendidikan teman-teman mahasiswa kita yang kurang mampu secara ekonomi adalah salah satu upaya dalam pencerdasaan bangsa secara menyeluruh dan perlu kita pastikan hal tersebut. Hak-hak pendidikan harus selalu diadvokasikan oleh seluruh pihak karena pendidikan ialah  hak setiap warga negara.

Oleh

Rheza Adipratama

Kadiv advokasi

Departemen Advokasi dan Propaganda

BEM KMFT

Iklan

8 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. beasiswa BOP yang untuk semester genap 2010/2011, gimana nih prosedur pendaftarannya?

  2. kalau beasiswa PPA tu gimana caranya?

  3. oiya kak,saya mau tanya untuk beasiswa bagi mahasiswa yg mampu secara finansial tapi punya prestasi akademik yg baik sistemnya gimana ya? maksud saya kita harus mengajukan beasiswa sendiri atau nanti dapet rekomendasi dari kampus??

    • mengajukan sendiri dengan surat rekomendasi dari kampus..

  4. Kakak…
    saya mau tanya, ada tidak beasiswa bagi orang yang mampu secara finansial namun memiliki kemampuan akademik yang tinggi???

    • Ada, banyak sekali…

  5. kayak bca koran . .
    ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: