Apa yang sudah kita perbuat untuk bumi?

26 April 2010 pukul 4:51 pm | Ditulis dalam sebar isu | Tinggalkan komentar

Hari bumi sedunia di peringati setiap tanggal 22 April.Tahukah anda maksud hari bumi?jangan mengartikan hari bumi sebagai hari lahirnya bumi.Tetapi maksud dari hari bumi adalah hari lahirnya sebuah perubahan pergerakan kepedulian terhadap lingkungan.Bagaimana hari bumi lahir?Hari bumi lahir diprakarsai oleh seorang senator Amerika,Gaylord Nelson.Sejarahnya  munking bukan hal asing bagi kita.

Biasanya beberapa hari menjelang hari bumi dilakukan serangkaian acara berkaitan dengan penyelamatan dan penyehatan lingkungan.Seperti  menanam pohon.Sayangnya kegiatan ini hanya bersifat momentual,tidak berkesinambungan.Seharusnya penyelamatan bumi merupakan suatu kegiatan yang berkesinambungan.Contoh sepele,penanaman pohon,setelah pohon ditanam seminggu kemudian pohon mati.Mengapa? Karena yang menanamnya sudah kembali ke rumahnya.Penanam berpendapat,setelah menanam,selesai sudah tugasnya.Padahal menanam tidak hanya proses penanamannya,perawatannya bukan menjadi bagian dari proses menanam tersebut

Tidak kalah dengan  berbagai wacana.Saat hari-H berlangsung,hampir semua wacana berkaitan dengan penyelamatan lingkungan.Tetapi,tulisan tetaplah tulisan bila tidak di aplikasikan.

Dalam perayaan hari bumi ini,ada beberapa pertanyaan yang hanya perlu di jawab dalam hati.Pertanyaan ini berkaitan dengan seberapa jauh kita ikut berperan dalam menjaga bumi.

  1. Sudahkah saya membawa tas sendiri saat berbelanja ke pasar, supermarket, mal ??
  2. Sudahkah saya membawa wadah sendiri saat beli sarapan, makan siang dan makan malam? Apakah saya masih rajin membeli minuman kemasan botol plastik, kemasan sekali pakai yang sisa produknya sangat mencemari lingkungan? Apakah saya masih selalu meminta sumpit bambu sekali pakai, sendok dan garpu plastik setiap kali mau makan?
  3. Apakah saya sudah mengajari anak anak saya untuk mencintai lingkungan dengan mengajarkan mereka tidak membeli makanan kemasan yang wadahnya terbuat dari bahan yang sulit didaur ulang?
  4. Seberapa banyak pohon yang saya tanam dalam enam bulan terakhir? Seberapa hijaukah pekarangan rumah saya ? Menanam pohon dan menanam bunga tidaklah sama efeknya. Pohon dengan daun yang lebat sangat membantu proses penyegaran lingkungan.
  5. Berapa jam dalam sehari saya menghidupkan mesin pendingin (Air conditioner). Apakah saya tetap menghidupkan AC walau tak seorangpun berada dalam kamar?
  6. Apakah saya masih boros menggunakan deterjen, bahan pemutih, dan sebagainya yang akan sangat mencemari lingkungan? Dan dalam sebulan saya butuh berapa botol cairan pembasmi nyamuk? Bila alasannya adalah banyak nyamuk dan lalat tentulah harus disemprot supaya tidak menimbulkan penyakit. Pertanyaannya adalah apakah nyamuk dan lalat itu datang sendiri? Nyamuk tentu akan membuat sarang bila lingkungan kita jorok, air tergenang, sampah berserakan.
  7. Apakah saya sudah mampu memisahkan mana sampah organik dan mana yang sulit didaur ulang?

Pertanyaan ini hanya sebagai perenungan.Jika kita  masih melakukan hal-hal diatas,coba tengok beberapa fakta berikut

Dalam majalah National Geography menyebutkan bahwa tahun 2050 air laut naik 50-70 cm.Suhu terus meningkat.Gambarannya kota Semarang sebagian akan tenggelam.Juga kota-kota pesisir lainnya.Kesulitan air bersih terjadi di mana-mana.

Jadi,masihkah kita akan berperan memperburuk kondisi bumi?

ima TI ’09

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: