Profil Departemen KASTRAT ( Kajian Strategis ) BEM KMFT

20 September 2010 pukul 10:51 am | Ditulis dalam Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Departemen KASTRAT adalah kepanjangan dari KAJIAN STRATEGIS. Departement di BEM KMFT yang paling berbeda dengan lainnya. Departemen Kajian Strategis dapat diartikan sebagai departemen yang mempelajari/menyelidiki tentang hal-hal yang strategis, hal-hal penting yang mempengaruhi berbagai pihak, misalnya saja Kebijakan pemerintah.

Fokus kerja Departemen ini mempunyai peranan yang amat penting karena disinilah keilmuan “Teknik” dan pergerakan “Mahasiswa” bertemu. Kastrat itu mengkaji apa yang ada dan berhubungan dengan ilmu keteknikan, dan ada pula yang melengkapi ilmu keteknikan supaya mahasiswa bisa tahu lebih, dan lebih tahu tentang dunia TEKNIK SESUNGGUHNYA. Idealnya seorang KASTRAT-ers memiliki kemampuan untuk mengetahui “Alasan” dibalik “Alasan”, karena dengan itu kita bisa menganalisis suatu permasalahan secara mendalam hingga mampu menemukan solusinya. Jadi jika kalian ingin “membicarakan” sesuatu, baik itu bersifat keteknikan, maupun yang lainnya, panggil saja salah seorang KASTRAT-ers untuk berdiskusi bersama.

Departemen ini dibagi menjadi 4 divisi, yang memiliki arahan kerja masing masing, namun saling terkait. Divisi Jaringan dan Informasi yang bertugas menjadi informan bagi departemen, penyeleksi informasi, dan juga sebagai Humas bagi departemen. Divisi Kajian sebagai “core” dari departemen yang bertugas sebagai fasilitator dari setiap kajian yang dilakukan, baik untuk konsumsi departemen, maupun untuk konsumsi publik. Divisi ini juga bertanggung jawab dalam pemutusan pernyataan sikap dari hasil kajian yang telah dilakukan. Divisi Kastrat Publishing House (KPH), bertugas mempublikasikan apa apa saja yang telah dilakukan oleh departemen, baik kajian maupun yang lainnya, sehingga informasi yang telah diolah dan dikaji oleh departemen juga diketahui oleh masyarakat luas. Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (internal), merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam penjagaan dan pembekalan staff. Pembekalan soft skill maupun kemampuan kemampuan lain yang dibutuhkan untuk menjadi seorang KASTRAT’ers yang ideal menjadi tanggung jawab divisi ini.

Program kerja departemen Kastrat tahun ini ada 9, yang kesemuanya dibagi menjadi 2, yaitu program kerja unggulan dan program kerja penunjang.

Yang termasuk program kerja unggulan adalah, Diskusi/Kajian Rutin, Jurnal Kastrat, dan Pembukuan Jurnal. Diskusi/Kajian merupakan program kerja rutin yang merupakan inti dari departemen ini, harapannya apa yang didiskusikan dan dikaji bisa benar benar memberikan hasil (solusi) yang bermanfaat. Jurnal dibuat bertujuan agar apa yang telah dilakukan, didiskusikan, dan dikaji bias dipublikasikan ke masyarakat teknik. Harapannya agar seluruh masyarakat teknik tahu mengenai isu terkini, bagaimana tanggapan dan sikap dari BEM sendiri, yang akan semakin membuka wawasan akan suatu isu. Pembukuan Jurnal bertujuan mengarsipkan jurnal jurnal yang telah KASTRAT keluarkan, sehingga nantinya bias dijadikan referensi apabila bahasan yang dibahas di hari kemudian serupa. Ini merupakan MASTERPIECE yang akan diberikan KASTRAT kepada BEM di akhir kepengurusan.

Program kerja lain yang termasuk penunjang adalah, Seminar Aplikasi Energi, Bedah Kasus Sosial Teknik, Polling, Social Journey, Forum KASTRAT se-UGM, dan Hearing. Kesemua program kerja penunjang ini harapannya bisa meningkatkan kompetensi dari masing masing anggota KASTRAT yang harapannya bisa meningkatkan performa KASTRAT di tiap tiap Diskusi/Kajian yang dilakukan. Juga bisa semakin membuka wawasan, menambah input (informasi), dan memperluas jaringan dari KASTRAT sendiri.

“INTELEKTUAL TERLATIH, JARINGAN MENINGKAT, WAWASAN BERTAMBAH LUAS, SOFT SKILL TERDAPATKAN, KEMAMPUAN MENULIS MENINGKAT, KEMAMPUAN DIRI TER UP-GRADE, DAN TAK LUPA KELUARGA BARU.”… KASTRAT… BE THE WINNER…!!!

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: