Kunjungan DPF ke KMFT

26 November 2010 pukul 11:29 am | Ditulis dalam Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Pada hari Rabu, 24 November 2010 kemarin, BEM KMFT UGM kedatangan tamu dari DPF (Dewan Perwakilan Fakultas). Perwakilan DPF yang berkunjung kali ini adalah Silvy A dari Fakultas Farmasi, Innayati Oktiana dari Fakultas Kedokteran Gigi, Gresika Bunga dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis serta Haryo Bismantara dari Fakultas Kedokteran Umum. Tak hanya Ketua Umum dan pengurus harian BEM KMFT UGM yang hadir dalam kunjungan ini, tetapi Ketua MPM KMFT juga tampak hadir bersama beberapa anggota MPM lainnya.

Ada beberapa agenda dalam kunjungan kali ini, yaitu :

  1. jaring aspirasi à untuk pembuatan tata kelola lembaga, menyangkut hubungan univ ersitas dan fakultas
  2. sistem legislatif di fakultas, bagaimana check and balance
  3. pengawalan pemira
  4. DPF tahun depan (delegasi teknik dan cara pemilihan)
  5. Babies parlement

Pembahasan pertama adalah untuk memperjelas sistem Keluarga Mahasiswa (KM). Sampai sekarang sistem yang ada adalah federasi, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya. tidak ada keterikatan antara kongres di fakultas dan universitas, juga kejelasan antara kongres (UU) KM UGM dan fakultas. Federasi sendiri adalah sistem yang cukup aman, namun ada tawar menawar. Ada saran seperti negara kesatuan, adanya otonomi fakultas.

Selain itu, tentang sistem kesatuan atau Federal. Masing-masing memang memiliki resiko sendiri-sendiri. Jika yang dipilih federal, maka tidak ada hierarki (keterikatan fakultas dengan universitas cenderung kurang), otonomi terakomodir. Sementara untuk system kesatuan, akan adanya hierarki dan potensi ego fakultas.

Di dekanat dan rektorat pun pembahasan tentang tata kelola sudah direncanakan, dan sebisa mungkin disesuaikan dengan dekanat. Tapi belum beres hingga sekarang. Rektorat melimpahkan ke KM UGM dan DPM serta DPF lah yang bertugas membuat regulasi tentang tata kelola lembaga. Tetapi butuh waktu yang lama karena perlu perubahan AD/ART universitas dan fakultas, sementara jumlah fakultas yang cukup banyak (belum semua terakomodir dan memberi respon) sehingga perlu effort untuk membuat kesepakaan semua fakultas. dan sekarang, pada tahap hearing sebagai bahan pembuatan aturan tentang tata kelola lembaga.

Permasalahan di teknik dari legisatif adalah anggota. Kurangnya kesadaran tentang urgensi legislatif dari masing2 anggota sehingga komitmen kurang dan proses pengambilan keputusan terhambat. Karena yang ada di sini bisa jadi belum mewakili semua mahasiswa, maka akan ada quisioner yang harapannya bisa mengakomodir mahasiswa secara umum.

Pembahasan kedua adalah legislative di fakultas. Apa kabar legislatif fakultas? Di Fakultas Teknik sendiri, sistem sudah ada (termasuk check and balances), masalahnya adalah kekurangan SDM untuk mengeksekusi. Untuk budgeting tidak termasuk wilayah MPM. Di MPM Teknik komposisinya adalah perwakilan jurusan dan partai. Ada 14 HMJ (S1 dan Diploma) melalui pemilu atau pengangkatan. Ada 10 kursi untuk partai mahasiswa, berdasarkan persentase suara. Untuk fungsinya sendiri ada fungsi aspirasi, UU dan pengawasan.

Agenda selanjutnya adalah Pemilu Teknik. KPU sudah terbentuk sebanyak 17 orang dengan komposisisi (HMJ+BSO) dibentuk oeh BEM. Mahkamah dan Banwasra dibentuk oleh MPM di pertengahan, setelah KPU berjalan. UU pemira sendiri masih dalam proses. Pemilu diadakan serentak dengan universitas pada tanggal 21-23 Desember 2010. Sementara dari RUU pemira, perbedaan dengan tahun lalu adalah masalah syarat (IPK) dan sekolah vokasi yang tidak di KMFT lagi.

Untuk agenda keempat, yaitu pemilihan DPF tahun depan, ada pertanyaan, mungkinkah diadakan DPF melalui pemilu? Dan untuk Teknik, masuknya DPF memang bisa dengan pemilu. Tetapi jika tidak ada, akan diadakan pengangkatan dengan feet and proper test dari MPM. Pembahasan terakhir adalah adanya Babies Parlement yang akan diadakan 21 Desember 2010 dihadiri oleh Ketua BEM dan Ketua Lagislatif di semua Fakultas.

Kunjungan hari itu, diakhiri pukul 17.20 waktu BEM KMFT UGM….

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: