Korean Fest

27 Januari 2011 pukul 8:02 am | Ditulis dalam Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Yippie..

UAS akhirnya berlalu juga dan selamat datang liburan! Tapi sayang sekali, liburan kali ini berlangsug lebih singkat daripada tahun sebelumya. Hal itu dikarenakan stok libur akhir semester sudah dipotong oleh liburan akibat meletusnya Gunung Merapi beberapa waktu yang lalu.

Hm..apa yang akan kalian lakukan kali ini?jalan-jalan, pulang kampung, atau bahkan bersantai di ruang 3x3m a.k.a kamar kos kalian? haha.. Yang pasti sudah ada rencana, bukan?

Tak beda jauh denganku, Selasa pukul 19.00 WIB kemarin (25/1), aku mendatangi Gedung Purna Budaya UGM yang berlokasi di sebelah selatan GSP (Grha Sabha Pramana).  Tentu beberapa kalian pasti sudah tahu bahwa telah digelar Korean Festival di Gedung Purna Budaya tersebut. Festival ini diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Korea FIB UGM bersama-sama dengan PAS (Pasific Asia Society), KOICA (Korea International Cooperation Agency), dan masih banyak lagi pihak yang turut berpartisipasi dalam event ini.

Ada apa di sana? Yap, pertanyaan bagus. Dalam event yang berlangsung dari tanggal 23-25 Januari 2011 ini terdapat berbagai macam stand dan pentas kebudayaan Korea maupun Indonesia. Sayang sekali, aku hanya bisa hadir saat puncak acara di hari terakhir (gara-gara hari sebelumnya masih mengerjakan tugas yang tak bisa ditinggalkan). Ya, daripada tidak sama sekali. Haha. Dan ternyata festival berlangsung sesuai dengan ekspektasi! Acaranya cukup meriah, banyak sekali penonton yang memenuhi ruangan, sebagian besar memang didominasi oleh penduduk lokal, tetapi warga asing pun tak mau ketinggalan. Bahkan kursi yang tersedia tak cukup untuk menampung ledakan pengunjung.

Puncak acara langsung dibuka oleh kelompok musik Pecel Kimchi yang menyajikan kolaborasi Gamelan dan Samulnori. Grup musik tersebut beranggotakan cukup banyak orang, baik dari Indonesia maupun Korea. Dilanjutkan dengan munculnya dua orang MC kocak yang menemani di sepanjang acara, yaitu satu orang mahasiswi FIB yang mengenakan pakaian tradisional Korea dan seorang lagi cowok (yang bisa dikatakan cukup tampan.. :p ) asal Korea yang mengenakan pakaian adat Jawa Tengah lengkap beserta blangkonnya. Tak lupa, terdapat pula sambutan dari Dekan FIB UGM, perwakilan PAS, dan Kepala Pusat Studi Korea UGM.

Yang paling menarik dari acara ini, yaitu beberapa mahasiswi asal Korea yang menampilkan Tari Saman. Sebuah tarian yang cukup kompak. Yaa..tentunya masih terdapat beberapa kesalahan kecil yang bisa dimaklumi karena mereka bukan orang Indonesia. Kemudian acara dilanjutkan dengan Tari Buchae dari Korea. Nah, yang satu ini juga tak kalah menarik. Tarian yang dipersembahkan oleh beberapa mahasiswi dari FIB UGM juga ditampilkan dengan gerakan-gerakan yang luwes, terutama saat mereka memainkan kipasnya.

tari saman

Namun, lagi-lagi nasib berkata lain (halah), malam yang semakin larut mengharuskanku pulang lebih awal, sehingga aku tak dapat menyaksikan keseluruhan acara. Padahal masih banyak rangkaian acara menaik lainnya, seperti Samulnori, Slideshow, Haegeum, pengumuman pemenang Dance Competition, dan lain-lain. Tapi tetap saja, tidaklah mengecewakan melihat acara semacam itu untuk mengisi waktu liburan. Yup. Selamat berlibur, semuanya! Have a nice holiday… ^^

-sandhie.chan-

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: