Esai Harkitnas

20 Mei 2011 pukul 7:33 am | Ditulis dalam Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Hari Kebangkitan Nasional. Apanya yang bangkit? Bangkit dari keterpurukan? Atau bangkit dari penjajahan? Ah, rasanya sebagian besar hanya cerita fiktif. Penjajahan negeri ini bahkan menjadi lebih besar daripada keberadaan Belanda. Kini jika dirangkum, Indonesia memiliki 3 penjajah besar.
Pertama, media. Sekian banyak media tersebar di bumi yang luas ini. Setiap media melahirkan berita yang nyaris sama topiknya. Begitu besarnya pengaruh media, hingga tanpa sadar bahwa sebagian media favorit ternyata membawa misi pribadi dari pengelola media tersebut. Bagi para intelektual, mungkin sempat mengkaji ulang berita itu. Tapi bagi orang awam yang hanya mendengar sepintas lalu, akan menelannya mentah-mentah. Apalagi sekarang, permainan berita semakin menjadi. Berita kecil, yang sebenarnya selingan, disebar dan dibesar-besarkan untuk menutupi berita yang lebih besar. Maka seharusnya kita lebih jeli memilih berita.
Kedua, budaya. Sudah marak kita dengar tentang satu ini. Negeri tetangga yang mengaku punya budaya serumpun, dengan bebasnya mengakui budaya kita sebagai milik mereka jua. Hingga mudahnya klaim mereka tertuju pada benda pusaka negeri ini. Apa kita mau budaya yang dari jaman nenek moyang kita pegang erat diambil begitu saja? Jangan mau!!
Ketiga, pemerintah. Ah, kenyang sudah telinga saya mendengar manipulasi kabar dari pemegang kuasa negeri ini. Perebutan kuasa, perlombaan bersembunyi dalam gudang uang curian, bla bla bla, tetap saja mereka menampakkan muka tak bersalah di depan kamera. Muak? Sangat! Hei, sadarlah bapak-bapak, ibu-ibu, kalian itu wajah kedua dari negeri ini. Kalau kalian saja suka berbohong dan mencuri seperti itu, gimana anak cucu dan rakyat yang akan mengikuti teladan kalian?
Kebangkitan Indonesia. Ada juga hal-hal yang benar-benar bangkit. Seperti artis-artis papan atas yang akan go international mengharumkan nama bangsa. Dan juga memberi devisa bagi negara. Ada juga olahrgawan, baik senior maupun junior yang bisa menjadikan bangsa ini bangga terhadap mereka. (ria)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: